Sentimen Positif Yunani Masih Menopang Bursa Eropa

Sentimen Positif Yunani Masih Menopang Bursa Eropa

Selasa, 24 Februari 2015 01:07:31 WIB

Monexnews - Pasar saham Eropa ditutup lebih tinggi setelah akhir pekan lalu menyentuh level tertinggi 7-tahun, berkat sentimen positif pasar terhadap perpanjangan 4-bulan program bailout Yunani. Yunani berhasil mendapatkan bantuan sementara dari rekan-rekan zona Euro-nya dalam menghadapi ancaman kehancuran perbankannya dengan menerima perpanjangan bersyarat program bailout-nya dan setuju akan memberikan rencana reformasi sehingga menopang penguatan tajam indeks-indeks Eropa di awal pekan.

Indeks Jeman DAX naik 0,4% sebelum laporan survei Ifo yang sedikit mengecewakan. Survei iklim bisnis di Jerman yang dilakukan institut riset Ifo mencatatkan kenaikan tipis 106.8 untuk bulan Februari dari level 106.7 di bulan sebelumnya. Data perekonomian bulan Februari itu lebih rendah dari prediksi kenaikan 107.4. Analis berpendapat walau lebih rendah dari ekspektasi, namun hanya sedikit mempengaruhi pasar. Ifo menyurvei 7.000 eksekutif terkait kondisi terkini dan proyeksi kondisi bisnis di Jerman untuk 6 bulan mendatang.

Indeks Inggris FTSE merosot dari level tertinggi 15-tahun tertekan saham bank terbesar Eropa, HSBC, yang ditutup turun 4,63% di hari Senin. Bank HSBC yang dituduh telah membantu kliennya menghindari pajak melalui cabangnya di Swiss, didera tekanan lebih berat setelah melaporkan penurunan laba tahunan sebesar 17% dan pengakuan Chief Executive, Stuart Gulliver, yang 'melindungi' jutaan poundsterling dalam bank HSBC cabang Swiss melalui perusahaan Panama. Turunnya saham HSBC juga menyeret perdagangan rivalnya Standard Chartered yang berakhir lebih rendah 4,66%.

Indeks Inggris FTSE menjadi satu-satunya indeks yang berakhir di zona merah, berakhir turun 0,04% menjadi 6915.20. Sementara indeks Jerman DAX ditutup naik 0,73% menjadi 11150.47 dan indeks Perancis CAC menyusul penguatan DAX dengan berakhir naik 0,65% menjadi 4872.13. (YS)


(YS)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search