Takut Tertular Krisis Turki, Bursa Eropa Dibuka Melemah

Takut Tertular Krisis Turki, Bursa Eropa Dibuka Melemah

Senin, 13 Agustus 2018 16:31:50 WIB
Bursa saham Eropa dibuka melemah karena investor mengkhawatirkan krisis keuangan di Turki dimana mata uangnya telah tergerus 40% terhadap dollar AS di tahun ini. Saham-saham perbankan Eropa jatuh karena kekhawatiran krisis ekonomi Turki bisa meluas ke Eropa. Daftar bank-bank besar yang terekspos penularan Turki adalah BBVA Spanyol, Unicredit Italia, dan BNP Paribas dari Perancis.

Indeks Stoxx 600 terkoreksi 0.39%, setelah berakhir 1,1% lebih rendah pada hari Jumat karena kekhawatiran tentang Turki menekan ekuitas Eropa. Indeks acuan pan-Eropa ini menunjukkan penurunan sebesar 1,4% sejak awal tahun ini hingga saat ini.

Sementara DAX 30 Jerman terpangkas 0,54%, disusul CAC 40 Prancis turun 0,27% dan FTSE 100 London, melemah 0,47%.

Bank sentral Turki berjanji untuk menyediakan "semua likuiditas yang dibutuhkan bank" dalam sebuah pernyataan Senin. Pihak bank sentral juga mengatakan bank-bank di Turki dapat meminjam deposito valuta asing dari bank sentral pada deposito dengan jatuh tempo satu bulan dan satu minggu. Analis mengatakan keengganan bank sentral Turki untuk menaikkan suku bunga.

(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search