Tepering The Fed Tenggelamkan Nikkei

Tepering The Fed Tenggelamkan Nikkei

Kamis, 30 Januari 2014 14:00:01 WIB

Monexnews - Bursa saham Jepang, Nikkei, ditutup anjlok tajam akibat kekhawatiran akan pasar negara berkembang pasca pemangkasan stimulus moneter oleh The Fed untuk kedua kalinya.

Federal Reserve pada rapat yang berakhir dini hari tadi kembali memutuskan mengurangi stimulus moneter sebesar $10 miliar menjadi $65 miliar per bulan pada bulan Februari. Langkah tersebut merupakan yang kedua kalinya setelah pada rapat bulan Desember lalu Fed juga memangkas stimulus moneter dengan jumlah yang sama. Bank sentral Amerika tersebut juga diprediksi akan terus memangkas stimulus moneter sebesar $10 miliar di setiap pertemuan, dan mengakhiri stimulus tersebut pada tahun ini.

Langkah The Fed tersebut membuat bursa utama AS anjlok diatas 1% akibat kekhawatiran pemangkasan tersebut dapat kembali membuat pasar negara berekembang bergejolak. Sentimen negatif dari Wall Street akhirnya berimbas ke bursa Asia.

Gejolak di pasar negara berkembang sepertinya belum akan berakhir. Berlanjutnya pengurangan stimulus oleh Fed menyiratkan tingkat suku bunga yang lebih tinggi, dollar menguat dan

yen melemah, secara fundamental positif untuk bursa Jepang, namun sentiment risk-off dan hentakan di pasar dunia mengapuskan fakta tersebut. Kata Yoshihiro Okumura, dari Chibagin Asset Management.

Spot Nikkei ditutup melemah 376,85 poin atau 2,45% menjadi 15007,06. Sementara Nikkei Futures saat ini diperdagangkan pada kisaran 15010 dengan level tertinggi harian 15050 dan terendah 14840. (pap)


(pap/Monex)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search