Yen Bebani Kinerja Nikkei

Yen Bebani Kinerja Nikkei

Jum'at, 27 Juni 2014 08:52:08 WIB

Monexnews - Hingga perdagangan sesi Asia pagi ini, yen berhasil menguat tiga hari beruntun terhadap dollar, penguatan yen tersebut membebani kinerja eksportir Jepang dan menyeret bursa saham Jepang, Nikkei. Nikkei juga mendapat sentimen negatif dari Wall Street yang pada perdagangan kemarin ditutup melemah.

Wall Street sepanjang perdagangan Kamis berada pada zona merah setelah Presiden Federal Reserve St. Louis, James

Bullard, mengatakan ekonomi AS cukup tangguh untuk bertahan dari kenaikan tingkat suku bunga tahun depan. Selain itu data-data ekonomi AS yang dirilis kemarin juga kurang apik, klaim pengangguran mingguan turun menjadi 312.000 dari sebelumnya 314.000 namun masih di atas estimasi 310.000, sementara belanja konsumen bulan Mei tumbuh 0,2% di bawah estimasi ekonom sebesar 0,4%.

Data-data ekonomi Jepang yang dirilis variatif hari ini gagal meberikan menopang pergerakan Nikkei. Belanja konsumen Jepang bulan Mei turun 0,8% dibandingakan tahun sebelumnya, jauh dibawah estimasi penurunan sebesar 1,9%, dan penurunan bulan sebelumnya sebesar 4,6%. Inflasi inti di Tokyo untuk bulan Juni stabil pada level 2,8%. Beberapa data positif dari Jepang yaitu tingkat pengangguran yang turun menjadi 3,5% dari sebelumnya 3,6%, dan penjualan ritel bulan Mei yang turun 0,4% dari tahun sebelumnya, namun masih lebih baik dari estimasi penurunan sebesar 1,9%.

Bursa utama Nikkei saat ini melemah 0,30% menjadi 15262,38. Sementara Nikkei Futures saat ini diperdagangkan pada kisaran 15275 dengan level terttinggi harian 15310 dan terendah 15250 (platform Monex Trader). (pap)


(pap/Monex)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search