Inflasi di Zona Euro Melambat di Agustus

Inflasi di Zona Euro Melambat di Agustus

Jum'at, 31 Agustus 2018 18:14:48 WIB

Inflasi di 19 negara yang menggunakan mata uang euro sedikit mendingin pada bulan Agustus, sementara pendekatan Bank Sentral Eropa masih berhati-hati untuk menarik stimulus moneter.

Data ekonomi terbaru menunjukkan kemiripan dengan kondisi ekonomi zona euro di Juni 2009, karena ekspor melambat dan kepercayaan bisnis melemah karena kekhawatiran tentang hubungan masa depan dengan mitra dagang terbesar, Amerika Serikat.

Badan statistik Uni Eropa mengatakan indeks harga konsumen di zona euro naik 2% year on year pada bulan Agustus, namun lebih rendah dari estimasi 2,1%, angka yang sama di bulan Juli.

Harga energi naik pada kecepatan yang lebih lambat dari pada Juli, sama dengan melambatnya kenaikan harga jasa dan barang-barang industri, kata lembaga itu.

Pada bulan Juli, tingkat pengangguran tetap stabil di 8,2% dibandingkan dengan Juni, meskipun jumlah pengangguran turun 72.000 orang menjadi 13,3 juta orang. Yunani dan Spanyol mencatat tingkat pengangguran tertinggi; Republik Ceko, Jerman dan Polandia yang terendah.

Hilangnya momentum kebangkitan ekonomi zona euro pada tahun 2018 kontras dengan AS, di mana pertumbuhan berakselerasi selama kuartal kedua.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search