Inggris dan UE Capai Kesepakatan Brexit Revisi

Inggris dan UE Capai Kesepakatan Brexit Revisi

Selasa, 12 Maret 2019 11:52:25 WIB

Inggris dan Uni Eropa mencapai kesepakatan Brexit versi revisi di menit-menit terakhir Senin malam dengan mereka akhirnya menghilangkan poin penghalang terbesar dalam kesepakatan perceraian Brexit mereka, hanya beberapa jam sebelum Parlemen Inggris akan memutuskan persetujuan terhadap kesepakatan ini, Selasa (12/3) malam.

Menjelang pemungutan suara parlemen, May terbang ke Strasbourg, Prancis, untuk mencari revisi, jaminan atau perubahan lain dari Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker yang akan membujuk legislator Inggris yang enggan untuk mendukung perjanjian penarikan dengan Uni Eropa.

PM May mengatakan dokumen baru yang akan ditambahkan ke kesepakatan itu memberikan "perubahan yang mengikat secara hukum" pada bagian yang berkaitan dengan perbatasan Irlandia. Perjanjian penarikan 585 halaman legal itu sendiri dibiarkan utuh.

"Dalam politik, terkadang Anda mendapat kesempatan kedua. Apa yang Anda lakukan dengan kesempatan kedua ini yang diperhitungkan. Karena tidak akan ada kesempatan ketiga, "Juncker memperingatkan para anggota parlemen Inggris yang akan memberikan suara setuju atau tidak pada draf ini, Selasa malam ini.

May mengatakan perubahan tersebut harus mengatasi keraguan anggota parlemen tentang mekanisme dalam kesepakatan yang dirancang untuk menjaga perbatasan terbuka antara Irlandia Utara Inggris dan negara-negara anggota UE Irlandia. Mekanisme, yang dikenal sebagai backstop, adalah perlindungan yang akan menjaga Inggris tetap tergabung dalam lembaga bea cukai bersama dengan Uni Eropa sampai ada hubungan perdagangan permanen yang baru.

Pendukung Brexit di Inggris khawatir bahwa backstop itu dapat digunakan untuk mengikat negara itu pada peraturan UE tanpa batas padahal Inggris sendiri sudah lepas dari UE pada 29 Maret nanti.

May mengatakan kata-kata baru "akan menjamin bahwa Uni Eropa tidak dapat bertindak dengan maksud menerapkan backstop tanpa batas."

"Sekarang adalah saatnya untuk bersama-sama mendukung kesepakatan Brexit yang lebih baik ini dan memenuhi keinginan rakyat Inggris," katanya.

Tetapi perubahan tampaknya jauh dari tuntutan anggota parlemen pro Brexit pada mekanisme keluar Inggris dari backstop. Mereka menginginkan Inggris bisa memutuskan keluar dari lembaga bea cukai bersama UE secara sepihak tanpa kesepakatan dengan UE.

Anggota parlemen Pro-Brexit mengatakan mereka akan membaca draft kesepakatan hasil revisi ini terlebih dahulu dan menunggu keputusan jaksa agung Inggris sebelum memutuskan bagaimana memilih pada hari Selasa.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search