ADB Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Emerging Market Melambat dalam Dua Tahun

ADB Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Emerging Market Melambat dalam Dua Tahun

Rabu, 03 April 2019 18:41:07 WIB
Bank Pembangunan Asia (ADB) memprediksi pertumbuhan ekonomi negara-negara emerging market di kawasan Asia diperkirakan melambat selama dua tahun berturut-turut pada 2019 dan kehilangan momentum lebih lanjut pada tahun 2020.

Analisa ADB ini mempertimbangkan kemungkinan meningkatnya risiko ekonomi dari perang dagang AS-China yang berlarut-larut dan Brexit yang berpotensi kacau.

Dalam laporan Outlook Pembangunan Asia, ADB mengungkapkan, perekonomian 45 negara berkembang Asia di kawasan Asia-Pasifik, diperkirakan akan tumbuh 5,7 tahun ini. Pertumbuhan ini lebih rendah dari proyeksi yang dilakukan tahun lalu dimana ADB menaksir pertumbuhan 5,8 persen pada 2018 dan pertumbuhan 6,2 persen pada 2017.

IMF Akan Memangkas Lagi Pertumbuhan Global
Sementara Dana Moneter Internasional (IMF) berencana memangkas lagi proyeksi pertumbuhan global tahun ini. IMF memperkirakan pertumbuhan ekonomi global pada tahun ini akan lebih lambat ketimbang proyeksi sebelumnya. Alasannya, dua pertiga dari negara-negara dunia cenderung mengalami perlambatan ekonomi.

Demikian disampaikan Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde dalam pidato jelang pertemuan musim semi dengan Bank Dunia, Selasa (2/4/2019) waktu setempat.

Menurut dia, ekonomi dunia rentan terhadap guncangan akibat Brexit, tingkat utang yang tinggi, perang dagang, serta kegelisahan di pasar keuangan. Lagarde akan mengumumkan outlook ekonomi global ini pekan depan.

Ini merupakan ketiga kalinya IMF memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi global. Pertama, di Oktober tahun lalu IMF sudah memangkas outlook ekonomi global, dari 3,9 persen menjadi 3,7 persen.

Lalu pada 21 Januari lalu IMF memperkirakan pertumbuhan global tahun ini di angka 3,5 persen, turun dari pertumbuhan tahun lalu 3,7 persen dan dari perkiraan 3,7 persen yang dibuat Oktober tahun lalu.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search