Aktivitas Manufaktur China Makin Melambat

Aktivitas Manufaktur China Makin Melambat

Jum'at, 30 November 2018 11:45:23 WIB

Aktivitas pabrik di China mengalami perlambatan pada November ini, data resmi menunjukkan Jumat (30/11/2018), menandai bahwa ekonomi terbesar kedua di dunia itu kehilangan tenaga di tengah perang dagang dengan AS.

Indeks Manajer Pembelian (PMI), ukuran kunci dari kondisi pabrik, datang pada 50,0 untuk bulan itu, turun dari 50,2 pada bulan Oktober dan di bawah perkiraan di angka sama 50,2, demikian pernyataan Biro Statistik Nasional.

Data ini merupakan terendah dalam lebih dari dua tahun, sekaligus berada di perbatasan antara ekspansi dan kontraksi. Data terbaru ini memperlihatkan aktivitas pabrikmdi China makin melambat, karena di September PMI China di angka 50,8. Jika di Desmber PMI di bawah 50 berarti ada kontraksi aktivitas.

Pesanan baru melambat karena "produksi tetap stabil sementara permintaan tetap", analis NBS Zhao Qinghe mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Data baru itu muncul saat pemimpin Cina Xi Jinping dan Presiden AS Donald Trump akan bertemu di KTT G20 yang berlangsung di Buenos Aires pada Jumat dan Sabtu.

Trump diperkirakan akan menekan Xi untuk reformasi besar-besaran ekonomi China yang mendukung akses bagi perusahaan-perusahaan AS setelah mengancam akan mengenakan lebih banyak tarif impor pada barang Cina di Januari tahun depan.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search