Aktivitas Manufaktur Zona Euro Kembali Melambat di Bulan Mei

Aktivitas Manufaktur Zona Euro Kembali Melambat di Bulan Mei

Senin, 03 Juni 2019 16:03:38 WIB
Aktivitas manufaktur di zona Euro berkontraksi untuk bulan keempat di bulan Mei, dan berada di laju tercepat, karena perang dagang AS-China, merosotnya permintaan otomotif, Brexit, meluasnya ketidakpastian geopolitik yang menyebabkan semua itu, ditunjukkan dalam hasil survei.

IHS Markit indeks manufaktur bulan Mei berada di level 47.7, sesuai dengan pembacaan awal namun di bawah level bulan April di 47.9 dan hanya sedikit di atas bulan Maret yang merupakan level terendah enam tahun.

Indeks yang mengukur perubahan output, yang dimasukaan ke dalam indeks komposite pada hari Rabu yang juga dipandang untuk mengukur tingkat kesehatan ekonokmi, juga bertahan di bawah level 50, yang menjadi pemisah antara pertumbuhan dengan kontraksi, berada di level 48.9. Sedikit lebih tinggi dari bulan April di 48.0.

Chris Williamson, kepala bisnis ekonom di IHS Markit mengatakan bahwa sektor manufaktur di wilayah Euro masih kontraksi selama bulan Mei, menunjukkan bahwa sektor akan menjadi penyebab terbesar dalam perlambatan ekonomi di kuartal kedua.

Dia juga menambahkan bahwa penurunan untuk bulan keempat beruntun dalam output dan penurunan tajam lebih lanjut dalam pesanan baru menggarisbawahi bagaimana sektor masih dalam tekanan sejak tahun 2013.
(fsyl)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search