Antisipasi Capital Outflow, Pemerintah Perkuat Basis Investor Lokal

Antisipasi Capital Outflow, Pemerintah Perkuat Basis Investor Lokal

Jum'at, 14 Maret 2014 15:11:45 WIB

Monexnews - Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu II) Bambang P.S. Brodjonegoro mengatakan bahwa arus modal masuk (capital inflow) ke Indonesia pada awal tahun 2014 hingga saat ini sangat besar. Untuk itu, pemerintah akan terus menjaga stabilitas makro untuk mengelola arus modal masuk yang besar tersebut.

Selain itu, fundamental ekonomi Indonesia yang mengalami perbaikan seperti penurunan inflasi dan defisit transaksi berjalan juga harus terus dipertahankan. "Fundamental harus dijaga. Itu yang bisa membuat kita bisa me-manage flow," kata Wamenkeu II di Jakarta, Kamis (13/3).

Besarnya arus modal asing yang masuk ke Indonesia terjadi karena adanya pengalihan portofolio dari negara maju ke negara berkembang. "Mereka lari ke emerging yang dianggap bisa me-manage kondisi makronya, dan Indonesia dianggap salah satunya. Itu yang membuat inflow-nya besar," tambahnya. Namun demikian, Wamenkeu II mengingatkan agar masuknya arus modal asing ini tidak lantas membuat lengah, karena investor asing dapat saja menarik kembali modal tersebut (sudden reversal).

Terkait hal tersebut, menurutnya, pemerintah masih terus mencari solusi, salah satunya adalah dengan memperkuat
basis investor domestik. Selain itu, pemerintah juga terus menyiapkan perekonomian dalam negeri agar terus dapat berkembang. "Di sisi lain, kita coba memperkuat market-nya. Sudden reversal bisa terjadi kapanpun, untuk negara manapun. Sekarang tinggal kekuatan kita untuk menangkal itu. Kan sudah berkali-kali saya bilang, kita punya BSF (Bond Stabilization Framework), kita punya currency agreement dengan negara lain. Itu bagian dari langkah kita memperkuat," pungkasnya.(nic)

Sumber: rilis berita Kementerian Keuangan Republik INdonesia

www.kemenkeu.go.id

*disadur tanpa perubahan (dim)


(dim)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search