Arab Saudi Galang Dukungan Negara Teluk Tingkatkan Produksi Minyak

Arab Saudi Galang Dukungan Negara Teluk Tingkatkan Produksi Minyak

Rabu, 20 Juni 2018 15:39:09 WIB

Arab Saudi sedang mencari dukungan dari sesama produsen minyak mentah di kawasan Teluk atau Timur tengah untuk meningkatkan produksi minyak, menambah komplikasi menjelang pertemuan OPEC pekan ini.

Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) bertemu pada hari Jumat untuk memutuskan kebijakan output di tengah seruan dari konsumen utama seperti Amerika Serikat dan China untuk mendinginkan harga minyak dan mendukung ekonomi global dengan memproduksi lebih banyak minyak mentah.

Ada pandangan berbeda tentang berapa banyak volume suplai yang akan ditambahkan ke pasar global dan kenaikan harus bertahap.

Iran mengatakan pada hari Selasa bahwa OPEC tidak mungkin mencapai kesepakatan tentang produksi minyak minggu ini. Jika belum sepakat maka akan terjadi perdebatan antara Arab Saudi dan Rusia, yang memiliki keinginan untuk meningkatkan produksi secara tajam mulai Juli nanti untuk memenuhi permintaan global yang terus meningkat.

Pemimpin de facto OPEC Arab Saudi tidak ingin dilihat sebagai terlalu menekan Iran, sementara Rusia sebagai negara non OPEC dipandang mampu meyakinkan Teheran. Saudi dan Iran secara geopolitik merupakan seteru namun tergabung dalam satu wadah OPEC.

Menteri Perminyakan Irak Jabar al-Luaibi mengatakan pada hari Rabu dia berharap akan ada kesepakatan ketika OPEC bertemu tetapi menambahkan: "Pasar minyak belum mencapai tingkat stabilisasi."

Menteri Perminyakan Nigeria Emmanuel Ibe Kachikwu, ditanya oleh wartawan tentang posisinya dalam mengurangi pemangkasan produksi, mengatakan: "Kami perlu berdiskusi dengan rekan-rekan kami terlebih dahulu sebelum kami membuat keputusan itu.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search