AS Akan Naikkan Tarif Impor Mobil Asal China

AS Akan Naikkan Tarif Impor Mobil Asal China

Kamis, 29 November 2018 17:37:50 WIB

Tensi hubungan perdagangan Amerika Serikat dengan China semakin panas, kendati kedua pimpinan negara akan bertemu besok dan lusa untuk membahas hubungan perdagangan kedua negara yang diwarnai perang tarif pada masing-masing produk asal negara tersebut.

Perwakilan Perdagangan AS Robert Lighthizer mengatakan pada hari Rabu bahwa dia sedang memeriksa kemungkinan untuk menaikkan tarif impor pada kendaraan China menjadi 40 persen, sama dengan besaran tarif yang sekarang dikenakan Cina pada kendaraan yang diproduksi AS.

Lighthizer mengatakan tarif China pada kendaraan asal AS sebagai keterlaluan dan rencana menaikkan tarif ini sesuai arahan Presiden AS Donald Trump.

Pernyataan itu datang hanya beberapa hari sebelum Trump akan bertemu dengan Presiden China Xi Jinping di Buenos Aires dalam konfrontasi yang dapat meringankan atau memperburuk perang perdagangan antara dua ekonomi terbesar dunia.

Kedua negara saling berbalas menaikkan tarif impor otomotif. Amerika Serikat memberlakukan tarif 25 persen untuk kendaraan Cina di atas 2,5 persen yang biasanya dibebankan.

China telah menurunkan tarif untuk semua negara lain hingga 15 persen, tetapi memberlakukan tambahan tarif pembalasan 25 persen pada kendaraan AS.

Ekspor mobil Cina ke Amerika Serikat sendiri relatif kecil dengan data menunjukkan ekspor kendaraan China ke AS mencapai 53.300 unit tahun lalu sedangkan China mengimpor 280.208 unit kendaraan buatan AS, menurut data dari Pusat Teknologi dan Penelitian Otomotif China (CATARC), sebuah lembaga think-tank yang berafiliasi dengan pemerintah.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search