AS Akan Perbesar Tarif ke Barang Asal China di Awal Tahun Depan

AS Akan Perbesar Tarif ke Barang Asal China di Awal Tahun Depan

Selasa, 18 September 2018 10:39:15 WIB

Amerika Serikat (AS) memberlakukan tarif baru atas barang-barang China senilai $ 200 miliar ( 150bn) sekaligus meningkatkan eskalasi perang dagang dengan Beijing.

Pajak impor yang lebih tinggi akan berlaku untuk hampir 6.000 item, menandai putaran terbesar tarif AS sejauh ini. Tas, beras dan tekstil akan dimasukkan, tetapi beberapa barang yang diharapkan menjadi sasaran seperti jam tangan cerdas dan kursi tinggi telah dikeluarkan. China sebelumnya bersumpah untuk membalas terhadap tarif AS lebih lanjut.

Pajak akan berlaku mulai 24 September, mulai dari 10% dan meningkat menjadi 25% mulai awal tahun depan kecuali kedua negara menyetujui kesepakatan.

Presiden Donald Trump mengatakan putaran tarif terbaru adalah tanggapan terhadap "praktik perdagangan tidak adil China, termasuk subsidi dan aturan yang mengharuskan perusahaan asing di beberapa sektor untuk mendatangkan mitra lokal.

"Kami telah sangat jelas tentang jenis perubahan yang perlu dilakukan, dan kami telah memberi China setiap kesempatan untuk memperlakukan kami lebih adil.

"Tapi, sejauh ini, China tidak mau mengubah praktiknya," katanya.

Trump memperingatkan bahwa jika Tiongkok membalas maka AS akan "segera mengejar fase tiga" yang berarti memberlakukan tarif lebih lanjut dengan pajak atas produk China senilai 267 miliar dolar lainnya.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search