AS Tetapkan Batas Akhir Gencatan Perang Dagang 1 Maret 2019

AS Tetapkan Batas Akhir Gencatan Perang Dagang 1 Maret 2019

Senin, 10 Desember 2018 14:04:17 WIB

Amerika Serikat menetapkan deadline akhir gencatan senjata perang tarif perdagangan dengan China pada 1 Maret tahun depan.

Perwakilan Perdagangan AS Robert Lighthizer mengatakan pada hari Minggu, mengklarifikasi ada "batas waktu" setelah seminggu tampak ada kebingungan di antara Presiden Donald Trump dan penasihat ekonominya mengenai batas waktu 3 bulan gencatan perang dagang.

Pasar global gelisah tentang friksi perdagangan antara dua kekuatan ekonomi terbesar dunia yang mempermasalahkan surplus perdagangan China yang sangat besar dengan Amerika Serikat dan AS mengklaim bahwa China mencuri kekayaan intelektual dan teknologi.

"Sejauh yang saya tahu itu adalah tenggat waktu yang sulit. Ketika saya berbicara dengan presiden Amerika Serikat dia tidak berbicara tentang melampaui bulan Maret, "kata Lighthizer, mengacu pada keputusan Presiden Donald Trump baru-baru ini untuk menunda tarif baru ketika pembicaraan dilanjutkan.

Pernyataan Lighthizer sekaligus menghapus harapan banyak pelaku pasar bahwa periode negosiasi dapat diperpanjang.

Lighthizer kembali menegaskan syarat kesepakatan adalah adanya jaminan dari China untuk perlindungan teknologi AS tidak dicuri lagi. Jika tidaka da jaminan, pihaknya akan melanjutkan kebijakan tarif tambahan.

Saat pertemuan G-20 di Argentina akhir pekan lalu, Trump dan Presiden Cina Xi Jinping menyetujui gencatan senjata yang menunda rencana pengenaan tarif tambahan tersebut


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search