ECB Asmussen: Fase Panjang Suku Bunga Rendah Sangatlah Beresiko

ECB Asmussen: Fase Panjang Suku Bunga Rendah Sangatlah Beresiko

Jum'at, 17 Mei 2013 20:02:43 WIB

Monexnews - Joerg Asmussen, salah seorang anggota dewan eksekutif Bank Sentral Eropa mengatakan bahwa para pembuat kebijakan harus menyadari resiko yang berkaitan dengan mempertahankan suku bunga rendah unutk jangka waktu yang panjang.

ECB harus mengawasi dengan ketat bahwa faktanya, fase yang panjang untuk suku bunga rendah akan membawa resiko karena akan menggoda investor untuk mencari hasil yang lebih tinggi di tempat lain, kata Asmussen dalam pidatonya di Berlin pada hari ini. Keadaan seperti ini akan menyebabkan larinya modal ke tempat lain.

Bank sentral telah memangkas suku bunga acuan menjadi yang terendah di 0.5 persen pada bulan ini dan presiden ECB Mario Draghi mengisyartkan bahwa dia siap untuk mengurangi biaya pinjaman kedepannya jika outlook ekonomi memburuk. Para pembuat kebijakan juga melihat pilihan lain untuk menghidupkan kembali pasar aset sekuritas dan menstimulasi pinjaman untuk perusahaan kecil.

Kami telah melakukan banyak hal untuk mengatasi krisis ini, dalam mandat kami, kami telah memnerikan kontribusi yang signifikan untuk mencegah skenario terburuk, kata Asmussen. Kebijakan kami dalam situasi ini masih akan tetap ekspansif selama itu diperlukan dan kami akan lakukan apa yang kami pikir itu benar karena hanya mata uang yang masa depannya buruk dan tidak ada keraguan pada kami untuk membuat mata uang menjadi lebih stabil, tambahnya.

Perekonomian Jerman, yang merupakan terbesar di Eropa, cukup kuat pada saat ini dan pertumbuhannya akan meningkat pada kuartal ini, kata Asmussen. Sementara perekonomian Perancis, yang terbesar kedua di wilayah euro, sedang memiliki masalah, terutama dalam hal daya saing, Asmussen mengatakan bahwa dia optimis bahwa seseorang yang dikenalnya di Perancis perlu segera bertindak atas masalah ini.

(fsyl)


(fsyl)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search