Bank Indonesia Pertahankan Suku Bunga di 5.25%

Bank Indonesia Pertahankan Suku Bunga di 5.25%

Kamis, 19 Juli 2018 17:12:08 WIB

Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (RDG-BI) hari ini memutuskan untuk mempertahankan suku bunga acuan, setelah tiga kali berturut-turut bank sentral ini menaikkannya demi menstabilkan rupiah.

Dengan demikian, suku bunga acuan 7 days reserve repurchase rate masih di angka 5,25 persen, sejalan dengan perkiraan 25 dari 28 ekonom yang disurvei Bloomberg, kemarin.

Untuk menahan laju dollar yang sangat kencang menerjang rupiah, BI telah menaikkan bunga sebesar 100 basis poin dalam dua bulan terakhir. Kenaikan ini termasuk kenaikan langsung sebesar 0,50 basis poin pada akhir Juni lalu. Usaha BI dinilai sukses karena rupiah bergerak stabil hingga kini.

Kebijakan BI menarik minat investor asing sehingga sejak awal bulan hingga kini telah masuk dana 475 juta dollar dari pasar obligasi rupiah dari investror asing.

Selain karena rupiah telah stabil, laju inflasi yang rendah dan prospek pertumbuhan yang lamban memberi ruang bagi BI untuk menunda kenaikan suku bunga lebih lanjut untuk saat ini.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search