Bank Sentral China Pangkas Rasio Cadangan Bank 1%

Bank Sentral China Pangkas Rasio Cadangan Bank 1%

Jum'at, 04 Januari 2019 18:40:15 WIB
Bank sentral China pada hari Jumat memotong rasio uang tunai yang harus dimiliki bank sebagai cadangan sebesar 100 basis poin, atau 1%, demikian Reuters dan media lainnya melaporkan.

Langkah oleh People's Bank of China (PBOC), yang pertama dari tahun baru ini, dipandang sebagai sarana untuk membantu mengurangi risiko perlambatan yang lebih tajam di ekonomi terbesar kedua di dunia, di mana data terakhir menunjukkan semakin melemah bahkan adanya kontraksi di manufaktur versi lembaga survei Caixin.

Rasio persyaratan cadangan saat ini 14,5% untuk bank besar dan 12,5% untuk bank kecil. Ukuran langkah itu di ujung atas ekspektasi pasar, kata Reuters. Pemotongan rasio persyaratan cadangan bank adalah kelima kalinya selama setahun terakhir karena ekonomi juga menghadapi tekanan yang meningkat dari penerapan tarif AS pada barang asal China.

Dengan pemangkasan rasio persyaratan cadangan ini perbankan China diperbolehkan menyalurkan pinjaman lebih banyak lagi ke masyarakat guna membangkitkan aktivitas ekonomi.

Laporan terpisah pada hari Jumat mencatat pembicaraan perdagangan AS-China kembali dijadwalkan untuk dilanjutkan pada hari Senin pekan depan.

(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search