Bank Sentral Rusia Pangkas Suku Bunga Menjadi 11.5%

Bank Sentral Rusia Pangkas Suku Bunga Menjadi 11.5%

Senin, 15 Juni 2015 17:57:26 WIB

Monexnews - Bank sentral Rusia kembali memangkas tingkat suku bunga pada hari Senin, sebagai usaha lebih lanjut untuk menstimulasi pertumbuhan ekonomi di negaranya. Dipimpin oleh gubernur Elvira Nabiullina, Central Bank of Russia (CBR) memangkas tingkat suku bunga sebanyak 100 basis poin menjadi 11.5%, sesuai estimasi analis. Ini merupakan keempat bulan berturut-turut bank sentral Rusia telah memangkas suku bunga. Dalam pernyataannya, bank sentral Rusia mengatakan latar belakangan keputusan tersebut adalah penurunan resiko inflasi dan resiko melambatnya perekonomian.

Keputusan tersebut diambil setelah bank sentral menaikkan suku bunga menjadi 17% di bulan Desember 2014 sebagai usaha untuk menghadapi inflasi yang tidak terkendali yang dipicu oleh pelemahan

ruble. Mata uang Rusia telah diperdagangkan naik turun sepanjang tahun lalu, kehilangan separuh dari nilai tukarnya terhadap dollar seiring invetor melepas ruble pasca sanksi internasional diberlalukan terhadap Rusia akibat ikut campurnya dalam pemberontakan di Ukraina dan pengambilalihan Crimea. Memasuki Juni tahun 2015, bagaimanapun meski laju inflasi tetap tinggi (15.8% di bulan Mei, menurut bank sentral) ruble berhasil menguat untuk diperdagangkan di sekitar level 55 terhadap dollar, turun dari level tinggi sekitar 70 per dollar di bulan Februari.
Namun buruknya outlook pertumbuhan ekonomi Rusia, yang disebabkan oleh penurunan harga minyak dan isolasi dari internasional akibat sanksi, menjadi pertimbangan besar bagi bank sentral. Di bulan April, gross domestic product (GDP) Rusia turun sebanyak 4.2% dibandingkan dengan bulan yang sama tahun sebelumnya. Penurunan tingkat pertumbuhan memberikan Nabiullina ruang untuk memangkasn tingkat suku bunga lebih dalam sebagai usaha untuk menstimulasi pinjaman dan belanja konsumen dan dunia usaha, yang nantinya akan mendorong laju GDP. Pernyataan Bank of Rusia pada hari Senin menunjukkan bahwa Bank of Russia akan siap untuk kembali memangkas tingakt suku bunga jika laju pertumbuhan inflasi konsumen kembali turun sesuai perkiraan namun potensi pelonggaran kebijakan moneter akan terbatasi oleh resiko inflasi dalam beberapa bulan kedepan.

(xiang)


(xiang)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search