Belanja Rumah Tangga Jepang Melonjak di Agustus Lalu

Belanja Rumah Tangga Jepang Melonjak di Agustus Lalu

Jum'at, 05 Oktober 2018 11:52:30 WIB

Pengeluaran rumah tangga Jepang melonjak pada bulan Agustus dengan laju tahunan tercepat dalam tiga tahun karena adanya bonus dari perusahaan yang lebih besar yang mendorong konsumsi. Hal ini disambut baik pelaku pasar karena permintaan domestik yang kuat ini dapat membantu mengimbangi efek buruk dari meningkatnya perang perdagangan global.

Pengeluaran rumah tangga naik 2,8 persen pada Agustus dari tahun sebelumnya, mengalahkan ekspektasi pasar untuk penurunan 0,1 persen dan meningkat paling cepat sejak Agustus 2015. Itu merupakan kenaikan dua bulan berturut-turut menyusul kenaikan 0,1 persen di bulan Juli.

Data optimistis hari Jumat bisa mengikis kekhawatiran analis bahwa ekonomi terbesar ketiga di dunia itu mungkin melambat atau bahkan mengalami kontraksi pada kuartal ketiga tahun ini, ketika Jepang dilanda bencana gelombang panas, hujan lebat, topan dan gempa bumi.

"Konsumsi cukup baik berkat bonus musim panas yang cepat dan kenaikan upah yang terus meningkat. Penjualan retail secara keseluruhan baik, meskipun cuaca buruk, "kata Atsushi Takeda, kepala ekonom di Itochu Economic Research Institute.

Konsumsi pulih dari kemerosotan yang terlihat pada Februari karena rumah tangga menghabiskan bonus untuk pembelian barang kebutuhan tersier mulai dari mobil hingga AC.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search