BOE Weale Usulkan Kenaikan Suku Bunga Lebih Awal

BOE Weale Usulkan Kenaikan Suku Bunga Lebih Awal

Kamis, 29 Mei 2014 14:32:21 WIB

Monexnews - Inggris harus mulai menaikkan tingkat suku bunga lebih cepat jika ingin terhindar dari kenaikan tajam dan menyakitkan di masa yang mendatang, menurut peringatan salah satu anggota komite kebijakan Bank of England. Dalam sebuah wawancara dengan Financial Times, Martin Weale, anggota eksternal Monetary Policy Committee BoE, mengatakan mernurutnya meski kenaikan pada tingkat suku bunga bertahap namun dapat mengakibatkan yield naik hingga 1% setahun, lebih cepat dari ekspektasi pasar.

Weale mengatakan definisinya terhadap kenaikan suku bunga secara bertahap akan melibatkan kenaikan tidak lebih dari 25 basis poin dalam satu kuartal, sementara investor meyakini adanya kenaikan sekitar 1.8% dalam waktu 3 tahun. Bank sentral telah berulang kali mengatkaan kenaikan tingkat suku bunga akan berlangsung bertahap dan terbatas saat perekonomian menjadi cukup kuat. Namun Weale memperingatkan bahwa jika MPC menginginkan agar laju kenaikan bertahap, maka mereka seharusnya tidak menunggu terlalu lama untuk memulai.

"Jika ingin melakukan langkah kecil, kita harus mulai melakukannya lebih awal," ucapnya dalam wawancara dengan Financial Times. "Pertanyaannya adalah: seberapa dekat kita dengan dekat tersebut? Tentunya tidak ada kepastian, namun perekonomian telah mempertahankan laju pertumbuhan tingkat permintaan yang cukup cepat." "Sehingga jawaban dari pertanyaan saya lebih tidak tentu daripada 5 bulan lalu, Dimanakah tingkat suku bunga harus berada saat ini? Ekonom beranggapan bahwa BoE, yang telah mempertahankan tingkat suku bunga pada rekor rendah 0.5% sejak 2009, dapat menjadi bank sentral besar pertama yang menaikkan tingkat suku bunga sejak European Central Bank mengetatkan kebijakan moneter di musim panas tahun 2011 lalu.

(xiang)


(xiang)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search