BOJ Diperkirakan Akan Pertahankan Outlook Inflasi

BOJ Diperkirakan Akan Pertahankan Outlook Inflasi

Selasa, 26 Agustus 2014 17:30:21 WIB

Monexnews - Bank of Japan kemungkinan akan mempertahankan outlook inflasi bullish miliknya meski sembari memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi untuk tahun fiskal ini dalam laporan bulan Oktober, menurut sumber, menandakan bahwa bank sentral tidak akan kembali melonggarkan kebijakan setidaknya hingga akhir tahun ini. Pasca kontraksi sebesar 6.8% pada GDP kuartal kedua, banyak analis sektor swasta menurunkan proyeksi pertumbuhan untuk tahun fiskal yang berakhir di bulan Maret menjadi sekitar 0.5%, hanya setengah dari laju proyeksi laju ekspansi sebesar 1.0% oleh BOJ pada bulan Juli lalu.

Bank sentral diperkirakan akan memangkas proyeksi GDP untuk tahun fiskal ini saat merilis proyeksi perekonomian dan inflasi dalam review semesteran pada 31 Oktober nanti. Namun pemangkasan diperkirakan hanya sedikit dan kemungkinan tidak akan mempengaruhi proyeksi bullishnya untuk inflasi yaitu akan mencapai dekat 2% pada tahun fiskal mendatang, menurut sumber dekat. "Skenario dasar utnuk pemulihan ekonomi yang moderat mendorong naik inflasi masih ada," ucap salah satu sumber yang menolak diidentifikasi
Pemangkasan pada proyeksi GDP kemungkinan disebabkan oleh kontraksi tajam pada GDP kuartal kedua, meski sebagian banyak petinggi BOJ masih optimis bahwa laju pertumbuhan akan pulih seiring dampak kenaikan pajak penjualan di bulan April mulai mereda. Dalam pernyataan yang akan dirilis pada pertemuan kebijakan suku bunga pekan depan, BOJ kemungkinan akan mengatakan perekonomian sedang pulih secara moderat dengan dampak dari kenaikan pajak "secara bertahap mulai mereda," menandakan kelegaannya bahwa tingkat konsumsi tetap kuat meski seiring masyarakat merasakan dampak dari kenaikan pajak, menurut sumber. Hal tersebut akan sedikit lebih buruk dari penilaian BOJ saat ini yaitu perekonomian sedang pulih secara moderat, meski ada sejumlah hambatan yang disebabkan oleh kenaikan pajak.

(xiang)


(xiang)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search