BOJ Diperkirakan Pangkas Proyeksi Inflasi

BOJ Diperkirakan Pangkas Proyeksi Inflasi

Selasa, 06 Januari 2015 18:11:23 WIB

Monexnews - Terus menurunnya harga minyak membuat Bank of Japan diperkirakan akan menurunkan proyeksi inflasi untuk satu tahun fiskal yang berakhir Maret 2015. Bank sentral Jepang tersebut belum memberikan sinyal akan memberikan stimulus moneter lebih lanjut, namun penurunan proyeksi inflasi dapat memicu spekulasi akan adanya pemambahan stimulus, dimana para ekonom juga telah memperkirakan kemungkinan tersebut. Inflasi Jepang yang disesuaikan dengan kenaikan pajak penjualan pada bulan November lalu turun menjadi 0,7%.

BOJ diperkirakan akan menurunkan proyeksi inflasi yang saat ini sebesar 1,2% pada rapat kebijakan moneter yang akan diadakan pada 20 - 21 Januari mendatang. Jika terjadi maka penurunan proyeksi tersebut menjadi yang kedua setelah pada bulan Oktober lalu BOJ melakukan hal tersebut, serta mengejutkan pasar dengan meningkatkan monetary base atau program pembelian aset.

Namun masih belum diketahui apakah BOJ akan menurunkan proyeksi inflasi untuk tahun fiskal yang berakhir Maret 2016, dengan perkiraan saat ini 1,7%. Kebutuhan Jepang akan minyak mentah hampir terpenuhi seluruhnya melalui impor, sehingga dalam jangka pendek penurunan harga minyak akan turut menekan inflasi. Dalam jangka panjang, penurunan harga minyak dapat memicu belanja konsuem yang pada akhirnya akan menaikkan inflasi. Namun muncul ketidakpastian seberapa cepat hal tersebut akan terjadi, khususnya pada ekonomi Jepang yang mengalami deflasi lebih dari satu dekade. (pap)


(pap/Monex)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search