BOJ Harada: Yen Berada di

BOJ Harada: Yen Berada di "Level Yang Cukup Baik"

Kamis, 04 Juni 2015 15:37:40 WIB

Monexnews - Pelemahan yen belakangan ini berarti mata uang berada pada "level yang cukup baik," menurut anggota dewan baru Bank of Japan, Yutaka Harada, menurut Bloomberg, menandakan sedikit ketidaknyamanan terhadap pelemahan yen menembus level rendah 12-1/2-tahun pekan ini. Secara keseluruhan, dampak positif pelemahan yen melebihi dampak negatif karena menaikkan earnings korporat, tingkat ekspor, dan membantu menciptakan lapangan kerja, ucap Harada dalam wawancara dengan Bloomberg. Jika kita melihat kemajuan pada kompetitifitas di berbagai industri, maka kita dapat menyimpulkan bahwa yen berada pada tempat yang cukup tepat, ucap Harga mengenai pelemahan yen, seperti yang dikutip Bloomberg.

Dollardiperdagangkan di kisaran 124.26 yen, tidak jauh dari level tinggi 12-1/2-tahun pada 125.07 yang dicapai hari Selasa lalu. Yen telah melemah sekitar 37% terhadap dollar semenjak akhir tahun 2012 saat Perdana Menteri Shinzo Abe mulai menjabat dengan janji untuk mengakhiri beban dari penguatan mata uang pada para eksportir

Jepang. Salah satu alasan lain untuk pelemahan yen adalah program quantitative easing yang diluncurkan oleh BOJ, yang bertujuan untuk mendorong laju inflasi dengan membeli obligasi pemerintah dalam jumlah besar. BOJ telah berulang kali mengatakan bahwa kebijakan moneternya tidak bertujuan melemahkan yen, namun sejumlah ekonom cemas bahwa jika yen melemah terlalu tajam maka hal tersebut dapat menyebabkan gesekan pada sektor perdagangan atau melukai sentimen konsumen dengan melambungkan harga impor. Harada kembali menegaskan pandangan BOJ bahwa laju harga konsumen kemungkinan akan mencapai target inflasi sebesar 2% sekitar semester pertama tahun fiskal 2016, dan pelonggaran kebijakan lebih lanjut tidak dibutuhkan selama mekanisme untuk kenaikan harga masih berlaku, menurut Bloomberg. Harada bergabung menjadi anggota dewan BOJ pada bulan Maret untuk masa jabatan selama 5 tahun.

(xiang)


(xiang)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search