BOJ Kuroda Peringatkan Perang Dagang Rusak Ekonomi Global

BOJ Kuroda Peringatkan Perang Dagang Rusak Ekonomi Global

Selasa, 21 Mei 2019 12:56:34 WIB

Gubernur Bank of Japan Haruhiko Kuroda pada hari Selasa memperingatkan bahwa meningkatnya ketegangan perdagangan AS-China dapat merusak sentimen bisnis dan menimbulkan kerusakan luas pada ekonomi.

Kekhawatiran bahwa Amerika Serikat dan China memperpanjang perang perdagangan yang lebih mahal membebani pasar, menambah sakit kepala bagi para pembuat kebijakan di Tokyo mengkhawatirkan dampak pada ekonomi Jepang yang bergantung pada ekspor.

"Jika ketegangan perdagangan berlanjut, mereka akan memiliki dampak luas pada ekonomi global dan Jepang melalui sentimen bisnis dan perkembangan pasar," kata Kuroda kepada parlemen. "Kami berharap Amerika Serikat dan China terlibat dalam diskusi konstruktif," katanya.

Pembuat kebijakan Jepang lainnya juga menyuarakan keprihatinan atas kerusakan dari perang perdagangan tetapi mempertahankan pandangan mereka bahwa ekonomi Jepang berada pada pijakan yang kuat, menandakan bahwa Tokyo berencana untuk melanjutkan rencana kenaikan pajak penjualan yang dijadwalkan pada bulan Oktober.

"Kami melihat beberapa produsen menunda rencana belanja modal," Menteri Keuangan Taro Aso mengatakan kepada parlemen pada hari Selasa. "Tapi laba perusahaan tinggi dan fundamental yang mendukung permintaan domestik tetap solid."


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search