BOJ Pertahankan Bunga, USDJPY Cenderung Menguat

BOJ Pertahankan Bunga, USDJPY Cenderung Menguat

Rabu, 31 Oktober 2018 14:28:05 WIB

Dalam rapat kebijakan moneter hari ini, Rabu (31/10/2018), Bank Sentral Jepang (Bank of Japan) mempertahankan bunga negatifnya, dengan suara voting di antara para pejabat BOJ 7:2. Keputusan ini mengindikaskan akan ada kebijakan mempertahankan suku bunga sangat rendah untuk jangka waktu yang panjang.

Sementara voting 8:1 di antara para pejabat BOJ memutuskan untuk mempertahankan stimulus JPY 80 triliun per tahun bagi pembelian obligasi pemerintah dan korporasi.

Namun demikian, di laporan kuartalannya BOJ mengatakan bahwa risiko terhadap prospek harga condong ke sisi negatif dan dampak dari kenaikan pajak penjualan menimbulkan risiko terhadap skenario dasar BoJ. Bank sentral juga menyebut kebijakan proteksionisme AS menimbulkan risiko terhadap prospek ekonomi.

Dengan demikian, bisa disimpulkan bahwa BoJ tidak mungkin membuat perubahan kebijakan moneter, baik penetapan suku bunga acuan atau program pembelian obligasi (QE) dalam waktu dekat. Oleh karena itu, pergerakan USDJPY akan cenderung menguat.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search