Brexit Jadi Bahasan Utama UE Summit Minggu Lusa

Brexit Jadi Bahasan Utama UE Summit Minggu Lusa

Jum'at, 23 November 2018 15:35:42 WIB

Brexit akan menjadi topik utama perdebatan pada pertemuan puncak khusus para pemimpin Eropa pada hari Minggu dan ada banyak masalah yang terkait dengan perpisahan Inggris dari Uni Eropa (UE) yang dapat menjadi perdebatan.

Pertemuan Dewan Eropa, yang terdiri dari kepala negara dan pemerintah Uni Eropa, akan melibatkan 27 pemimpin negara UE untuk mendukung (atau tidak) draft kesepakatan Brexit yang dicapai pekan lalu antara negosiator Inggris dan Uni Eropa.

Ada beberapa masalah tentang usulan Brexit yang mengganggu beberapa anggota Uni Eropa dan kemungkinan mendominasi KTT, seperti pengaturan perbatasan Gibraltar yang dituntut Spanyol agar dimasukkan dalam perjanjian. Selain itu akan dibahas hubungan masa depan menyangkut berbagai sektor termasuk perdagangan dan keamanan, perikanan dan jasa keuangan, hingga hak kekayaan intelektual, transportasi dan energi.

Tim perunding dari Inggris dan Uni Eropa telah menghabiskan hampir dua tahun terakhir untuk mencapai kesepakatan draf tentang Brexit. Mereka akhirnya menerbitkan minggu lalu persetujuan penarikan 585 halaman yang mencakup tagihan perceraian senilai 39 miliar poundsterling, hak warga negara pasca-Brexit dan kesepakatan mengenai perbatasan Irlandia.

Tapi draf kesepakatan ini dikritik habis-habisan anggota parlemen dan mungkin tidak disetujui oleh parlemen Inggris. Terutama mereka mengkritik "Deklarasi Politik" yang terpisah dari draf dan mengkritik PM Theresa May yang dinilai terlalu lemah di hadapan Uni Eropa.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search