China Berjanji Akan Beli Semikonduktor AS untuk Redakan Ketegangan Perdagangan

China Berjanji Akan Beli Semikonduktor AS untuk Redakan Ketegangan Perdagangan

Jum'at, 15 Februari 2019 11:40:23 WIB

China menjanjikan akan melakukan pembelian besar semikonduktor AS dan barang-barang lainnya untuk meredakan ketegangan perdagangan dan membujuk Presiden Donald Trump untuk memperpanjang gencatan senjata tarif dan kemudian menyelesaikan perselisihan yang mengguncang pasar secara langsung dengan pemimpin China Xi Jinping.

Selama negosiasi minggu ini, yang menandai hari keempat mereka Kamis, pejabat AS dan Cina tetap menemui jalan buntu pada sejumlah masalah yang mendasari perselisihan perdagangan saat ini, menurut orang-orang yang mengetahui masalah tersebut. Ini termasuk keluhan Washington bahwa China menekan perusahaan-perusahaan AS untuk berbagi teknologi dan menggunakan kebijakan industri untuk memihak perusahaan domestik dengan mengorbankan pesaing AS.

Setelah membantah tuduhan itu, para pejabat Tiongkok sebaliknya berfokus pada cara-cara untuk meningkatkan ekspor AS ke China. Misalnya, agensi perencanaan ekonomi top China mengusulkan untuk meningkatkan penjualan semikonduktor A.S. ke Cina dengan total lebih dari enam tahun sebesar $ 200 miliar, menurut perusahaan AS yang memberikan pengarahan singkat tentang rencana tersebut, atau tingkat lima kali lipat dari ekspor saat ini.

Namun, di bawah proposal tersebut, peningkatan itu akan dihasilkan sebagian dengan memindahkan operasi perakitan semikonduktor A.S. dari negara ketiga seperti Meksiko dan Malaysia ke China, yang memungkinkan produk-produk tersebut dihitung sebagai ekspor A.S. bukan dari negara lain.

Negosiator China juga menawarkan untuk menghilangkan kebijakan pengadaan kendaraan nasional yang telah memberikan subsidi kepada konsumen untuk membeli energi baru, mesin kecil dan jenis mobil lainnya, orang-orang yang mengetahui pembicaraan itu mengatakan.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search