Christine Lagarde Akan Ubah Pendekatan Kebijakan ECB ke Jalur Diplomasi

Kamis, 04 Juli 2019 16:22:59 WIB

DIrektur Pelaksana IMF Christine Lagarde, kandidat terkuat pengganti Mario Draghi dari jabatan Gubernur Bank Sentral Eropa, European Central Bank (ECB), akan mengangkat profil ECB, menjadikannya lembaga yang lebih paham politik yang menyampaikan pesannya langsung kepada rakyat. Namun inovasi kebijakan, merek dagang dari pendahulunya, akan berkurang.

Sebagai imbalannya, Lagarde mungkin dapat menggunakan keterampilan diplomatiknya yang cukup besar untuk membujuk Jerman membantu meredam pelambatan zona euro dengan meningkatkan anggaran belanjanya - suatu upaya yang gagal dilakukan oleh ketua ECB Mario Draghi.

Menghadapi krisis yang berkepanjangan, Draghi dan tim pembuat kebijakan moneter yang sangat terlatih pada dasarnya menyusun eksperimen terbesar di dunia dalam kebijakan tidak konvensional selama lima tahun terakhir. Pertumbuhan yang lemah menunjukkan jalur stimulus harus dikejar, bahkan ketika batas maksimum stimulus sudah mendekat.

Dengan sedikit pelatihan atau pengalaman dalam kebijakan moneter, Lagarde, yang akan mengambil alih jabatan dari Mario Draghi pada 1 November, akan menjadi penengah dan bukan penggerak inovasi kebijakan yang sekarang dibutuhkan, menempatkan beban yang lebih besar pada Philip Lane, kepala ekonom ECB, dan staf ECB.

Kepergian mantan kepala ekonom ECB Peter Praet, mantan wakil presiden Vitor Constancio dan Mario Draghi menimbulkan kekhawatiran ide-ide kebijakan moneter ECB akan mengering dan hanya menyisakan Philip Lane sebagai ekonom moneter pragmatis terakhir yang berdiri di Dewan Eksekutif ECB,

Draghi, seorang ekonom PhD yang menulis disertasi di Massachusetts Institute of Technology (MIT) tentang teori ekonomi dan penerapannya, telah menjadi kepala ECB, dan dikelilingi beberapa pemikir terbaik zona euro namun Draghi pada akhirnya membuat keputusannya sendiri tanpa menghiraukan pandangan rekannya di dewan gubernur.

Lagarde Figur Pendengar

Dalam pidatonya di tahun 2012 yang menjanjikan untuk melakukan "apa pun yang diperlukan" untuk menyelamatkan euro - secara luas dikreditkan dengan menyatukan blok selama hari-hari paling gelap krisis utangnya - Draghi mengambil inisiatif sendiri, memaksa Dewan Gubernur ECB yang tidak sadar untuk mengikuti dan berbaris di belakang dia.

Memang, rekan-rekannya mengatakan bahwa banyak keputusan besar ECB, termasuk kenaikan dan perpanjangan pembelian obligasi, didorong oleh Draghi, dengan pertemuan kebijakan hanya merupakan ajang penyempurnaan rincian kebijakan Draghi ini tetapi tidak menentukan arah perjalanan.

Bahkan bulan lalu, ketika Draghi memutuskan kebijakan pelonggaran, banyak rekannya tidak menyadari dan ikut serta merumuskan kebijakan dengan kebijakan ini mau tidak mau harus dijalankan Lagarde untuk pada tahun pertama kekuasaannya di ECB.

Lagarde, Direktur Pelaksana IMF, dinilai banyak kalangan sebagai figur pendengar yang baik, yang dapat memberikan peran lebih besar kepada Dewan Gubernur dalam membentuk kebijakan dan meningkatkan keragaman pandangan.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search