CPI AS Mencatat Kenaikan Tertajam Dalam 5-Bulan

CPI AS Mencatat Kenaikan Tertajam Dalam 5-Bulan

Selasa, 16 Juli 2013 20:14:04 WIB

Monexnews - Indeks harga konsumen AS mencatat kenaikan tertajam dalam 5-bulan pada bulan Juni, yang berpotensi menjadi sinyal kestabilan inflasi, di tengah perdebatan para pembuat kebijakan bank sentral AS tentang keberlanjutan program stimulus.

Consumer Price Index (

CPI) tumbuh 0,5% pada bulan Juni, menurut laporan Departemen Tenaga Kerja AS hari Selasa. Angka tersebut mampu mengalahkan ekspektasi kenaikan 0,3% dari para ekonom. Pertumbuhan CPI terutama dipicu oleh lonjakan harga bensin, yang mencatat kenaikan 6,3% sepanjang bulan Juni setelah flat pada bulan sebelumnya. Sementara CPI inti, yang tidak memperhitungkan harga pangan dan energi yang volatile, masih stabil pada 0,2% di bulan Juni. Sepanjang 12 bulan terakhir harga konsumen telah memperlihatkan kenaikan 1,8%, hampir sejalan dengan target 2,0% dari Federal Reserve. Namun Core CPI masih mencatat pertumbuhan terlemah dalam 2 tahun, dengan hanya naik 1,6% sepanjang periode yang sama. Para pembuat kebijakan Federal Reserve terus memantau perkembangan inflasi seiring mereka mulai mempersiapkan pengurangan langkah stimulus, yang diperkirakan akan terjadi paling cepat bulan September. Inflasi yang lambat berpotensi mendorong ekspektasi pengurangan stimulus menjadi pada bulan Desember atau bahkan setelahnya. Sementara Ketua Fed Ben Bernanke akan ditantang untuk mengungkapkan rencananya dalam mengendalikan inflasi dan perekonomian ketika memberikan testimoni di depan Kongres AS pada hari Rabu dan Kamis besok. (vid)


(vid)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search