Data Ekonomi Jepang Redakan Kecemasan Dampak Kenaikan Pajak

Data Ekonomi Jepang Redakan Kecemasan Dampak Kenaikan Pajak

Selasa, 29 Juli 2014 08:37:25 WIB

Monexnews - Sejumlah data ekonomi Jepang yang dirilis pada hari Selasa menunjukkan pemulihan pada pasar tenaga kerja dan outlook belanja rumah tangga yang lebih cerah, meredakan kecemasan mengenai dampak kenaikan pajak penjualan nasional. Tingkat belanja rumah tangga nturun sebanyak 3% dari sethaun lalu, membaik dari ppenurunan sebesar 8% di bulan Mei. Namun dalam basis bulanan, tingkat belanja rumah tangga naik 1.5%, meski masih di bawah pekriraan analis sebesar 2.2%, namun masih pulih dari kontraksi di bulan April dan Mei. Tingkat penjualan ritel turun sebesar 0.6% dalam tingkat tahunan, sedikti lebih buruk dari ekspektasi penurunan sebesar 0.5% dan menyusul penurunan sebesar 0.4% di bulan Mei. Jepang menaikkan pajak penjualan menjadi 8% dari 5% di bulan April, untuk mengurangi tumpukan hutang negara. Data lainnya menunjukkan jumlah lapangan kerja yang tersedia di Jepang berada pada level tertinggi dalam lebih dari 2 dekade. Rasio pekerjaan dan pelamar kerja nik menjadi 1.10 di bulan Juni dari 1.09 pada bulan sebelumnya, menurut data dari Menteri Tenaga Kerja, menyamai level tinggi di bulan Juni 1992. Sementara tingkat pengangguran naik di luar perkiraan menjadi 3.7% dari 3.5% di bulan Mei, kekurangan tenaga kerja pada sektor konstruksi dan ritel menunjukkan tingkat pengangguran tidak akan naik tajam.

Perekonomian Jepang mulai bangkit setelah Peerdana Menteri Shinzo Abe, yang berkuasa pada akhir 2012, mulai merilis kebijakan radikal untuk kembali menghidupkan perekonomian yang tenggelam dalam deflasi dan resesi selama 2 dekade. Namun pengenalan kenaikan pajak menimbulkan kecemasan bahwa koreksi pada tingkat konsumsi dapat kembali memundurkan perekonomian terbesar ketiga di dunia tersebut. Analis mengatakan data ekonomi dalam beberapa bulan kedepan akan menentukan apakah pemerintah akan menambah stimulus.

(xiang)


(xiang)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search