Data Inflasi Zona Euro Picu Kecemasan Deflasi

Data Inflasi Zona Euro Picu Kecemasan Deflasi

Senin, 31 Maret 2014 16:16:21 WIB

Monexnews - Tingkat inflasi zona euro turun lebih dari perkiraan di bulan Maret, meningkatkan tekanan pada European Central Bank (ECB) untuk mengambil tindakan dan menghilangkan resiko deflasi pada pertemuan kebijakan Kamis nanti. Inflasi tingkat konsumen naik sebanyak 0.5% untuk tingkat tahunan di bulan Maret, menurut kantor statistik Eurostat pada hari Senin. Data tersebut berada di bawah perkiraan analis sebesar 0.6%, dan membawa inflasi ke bawah level di mana terakhir kali ECB memangkas suku bunga. Kecemasan bahwa zona euro sedang menuju deflasi kembali muncul pada bulan Oktober lalu, saat data inflasi turun ke level rendah 47 bulan pada 0.7%. ECB memangkas tingkat suku bunga pada pertemuan bulan November ke rekor rendah pada 0.25% sebagai respon data tersebut.

Tingkat inflasi telah berada di bawah 1% selama enam bulan, sementara ECB berusaha untuk mempertahankan inflasi untuk berada sedikit di bawah 2%. ECB memperkirakan tingkat inflasi berada pada 1% tahun ini dan 1.2% di tahun 2015, jauh di bawah taret jangka menengahnya. ECB mempertahankan tingkat suku bunga pada rekor rendah 0.25% pada 6 Maret lalu, dan diperkirakan tidak akan melakukan perumahan pada pertemuan pekan ini, menurut hasil survey Bloomberg.

Presiden ECB Mario Draghi pada tanggal 25 Maret lalu kembali memperbaharui janjinya untuk mengambil kebijakan moneter tambahan jika ada resiko penurunan pada proyeksinya terhadap penyempitan secara bertahap pada gap output di tahun depan. Resiko tersebtu termasuk penurunan tingkat inflasi dan penguatan euro, ucapnya. Tingkat harga energi turun sebesar 2.1% di bulan Maret, setelah turun sebesar 2.3% di bulan Februari, menurut laporan hari ini, Harga alcohol, makanan, dan tembakau naik sebanyak 1% menyusul kenaikan seesar 1.5% di bulan Februari, menurut Eurostat. Biaya untuk jasa naik sebanyak 1.1% menyusul kenaikan sebesar 1.3%.

(xiang)


(xiang)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search