Data Niaga China Refleksikan Pemulihan Global

Data Niaga China Refleksikan Pemulihan Global

Rabu, 12 Februari 2014 13:02:42 WIB

Monexnews - Data perdagangan China yang rilis hari ini (Rabu, 12/02) telah mencatatkan hasil jauh lebih kuat dari perkiraan, dengan kenaikkan tajam dari sisi ekspor. Namun pasar terlihat sedikit mengabaikan rilisan tersebut seiring beberapa analis menunjukkan sikap skeptisme atas ke-akuratan hasil angka itu.

Berdasarkan data yang rilis tadi pagi, neraca perdagangan China bulan Januari mengalami peningkatan hingga $31.86 miliar dari bulan sebelumnya sebesar $25.60 miliar. Lonjakan tersebut terutama berkat kenaikkan drastis pada tingkat eksport China yang mencatat hingga 10.6% di bulan yang sama, dari bulan sebelumnya sebesar 4.3%. Angka tersebut bahkan jauh di atas ekspektasi para ekonom sebesar 2%.

Sedangkan tingkat import China juga turut melonjak hingga 10% dari bulan sebelumnya yang tercatat 8.3%. Dan lonjakan tersebut di luar perkiraan, jauh di atas ekspektasi para ekonom dan analis yang memperkirakan turun menjadi +3%.

Meskipun neraca perdagangan tersebut menunjukkan hasil yang kuat, pasar saham China tidak banyak bereaksi lantaran sebelumnya sudah dicemaskan oleh distorsi dan keragu-raguan para ekonom di masa lalu.

Namun demikian, lantai bursa Shanghai akhirnya berangsur pulih dan berhasil melakukan manuver ke teritori positif setelah di awal sesi sempat mendekam di zona merah. Minat aksi beli investor terutama terpacu oleh optimisme pasar yang menyimpulkan bahwa data perdagangan China yang apik tersebut turut merefleksikan adanya pemulihan ekonomi global. (dar)


(dar)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search