Data Niaga Korsel Topang Laju Pertumbuhan GDP

Data Niaga Korsel Topang Laju Pertumbuhan GDP

Jum'at, 01 November 2013 10:33:56 WIB

Monexnews - Angka eksport Korea Selatan mencatatkan peningkatan tajam di bulan Oktober berkat tingginya lonjakan permintaan luar negeri setelah mengalami penyusutan di bulan sebelumnya.

Kementrian perdagangan Korea Selatan memaparkan bahwa tingkat ekspor niaga negara pada bulan Oktober naik drastis hingga 7,3% dari bulan sebelumnya satu tahun lalu yang mengalami kemerosotan 1.5%. Lonjakan tersebut bernilai total $ 50.511 milyar. Sedangkan tujuh ekonom yang disurvei The Wall Street Journal sebelumnya memperkirakan ekspor akan tumbuh rata-rata 4,5% pada bulan Oktober.

Sementara tingkat impor Korsel naik sebesar 5,1% dengan nilai total $ 45.612 milyar pada bulan Oktober, jauh lebih cepat tinggi dari perkiraan 3,1%. Akhirnya angka surplus perdagangan Korsel untuk bulan Oktober bernilai $ 4.899 milyar, dan melampaui proyeksi dalam jajak pendapat yang memperkirakan surplus $ 4.32 milyar. Sebagai catatan, neraca perdagangan negeri gingseng ini telah beralih surplus sejak Februari 2012.

Catatan positif lain menunjukkan bahwa perekonomian Korsel juga telah terjaga dalam laju pertumbuhan yang pesat (robust pace). Produk domestik bruto kuartal ke-3 (GDP III) meningkat sebesar 1,1% dari kuartal ke-2 dengan angka yang sama pada tingkat 1,1%. Level tersebut merupakan laju terkuat sejak kuartal pertama tahun 2011. Sedangkan dalam triwulan pertama tahun 2013 ini, perekonomian negeri penghasil gingseng terbesar itu tumbuh dengan angka 0,8%.(dar)


(dar)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search