Dolar Menguat Setelah The Fed Menaikkan Suku Bunga AS

Dolar Menguat Setelah The Fed Menaikkan Suku Bunga AS

Kamis, 27 September 2018 07:39:37 WIB
Dolar menguat pada hari Rabu setelah Federal Reserve menaikkan suku bunga AS seperti yang diharapkan untuk kedelapan kalinya, menandai kenaikan suku bunga lebih dan menandai berakhirnya era kebijakan "akomodatif".

Greenback jatuh sebentar terhadap euro dan yen segera setelah Fed merilis pernyataannya, kemudian melanjutkan kenaikan karena investor mencerna pernyataan itu.

Pembuat kebijakan Fed meningkatkan patokan suku bunga pinjaman semalam sebesar seperempat persentase ke kisaran 2,00 persen menjadi 2,25 persen. Pernyataan kebijakan bank sentral juga menghilangkan kata "akomodatif."

Pelemahan singkat dolar menunjukkan bahwa beberapa investor percaya bahwa kebijakan Fed akan mulai menaikkan suku bunga lebih bertahap daripada pada tahun lalu. Namun, keuntungan selanjutnya menunjukkan bahwa investor juga melihat sinyal dalam pernyataan bahwa suku bunga akan naik cukup untuk memperkuat mata uang AS lebih lanjut.

Pernyataan itu mengatakan the Fed masih memperkirakan kenaikan suku bunga lainnya pada Desember, tiga tahun lagi, dan satu peningkatan pada 2020. Ia juga mengatakan pihaknya melihat pertumbuhan ekonomi tiga tahun lagi.

"Penghapusan istilah 'akomodatif' memberi sinyal bahwa berada di tingkat netral dan FOMC akan perlu untuk membenarkan kebijakan moneter yang ketat di tahun mendatang, perkembangan yang agak dovish dalam pandangan kami," kata Marvin Loh, pasar global senior. ahli strategi, di BNY Mellon di Boston.

Dalam pengarahan persnya, Ketua Fed Jerome Powell mengklarifikasi bahwa kata "akomodatif" dihapus sebagai tanda kebijakan moneter berjalan sesuai dengan harapan.
Powell mencatat bahwa dolar baru pulih sebagian dari penurunan pada 2017. Beberapa analis mengatakan ini menyarankan bahwa Fed yakin tren naik mata uang masih ada.

(Ahmad)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search