Draghi Akui Potensi Pelemahan Ekonomi Zona Euro Tahun Ini

Draghi Akui Potensi Pelemahan Ekonomi Zona Euro Tahun Ini

Jum'at, 25 Januari 2019 16:04:20 WIB

Presiden Bank Sentral Eropa Mario Draghi mengakui pada hari Kamis bahwa pertumbuhan ekonomi di zona euro kemungkinan akan lebih lemah dari yang diperkirakan sebelumnya karena sentimen negatif mulai dari perlambatan China hingga Brexit.

Ekonomi kawasan ini telah mengalami penurunan terbesar dalam setengah dekade, menimbulkan pertanyaan apakah ECB akan dapat meningkatkan suku bunga untuk pertama kalinya dalam satu dekade di tahun ini seperti yang ditunjukkan oleh berbagai indikator ekonomi saat ini.

ECB mempertahankan suku bunga pada pertemuan kebijakan moneter pada hari Kamis. Tapi komentar dovish Draghi, termasuk arah ke risiko "downside", akan memicu spekulasi pasar bahwa bank akan menunda kenaikan suku bunga, meniru pendekatan yang lebih hati-hati oleh Federal Reserve AS, dan mungkin menawarkan pinjaman murah baru kepada bank.

"Risiko seputar prospek pertumbuhan kawasan euro telah bergerak ke sisi negatif karena adanya ketidakpastian," kata Draghi dalam konferensi pers, mengutip ancaman perdagangan dan geopolitik dan volatilitas pasar negara berkembang.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search