Draghi ECB Memotong Ramalan Pertumbuhan Karena Risiko Global

Draghi ECB Memotong Ramalan Pertumbuhan Karena Risiko Global

Kamis, 13 September 2018 20:02:12 WIB
Presiden Bank Sentral Eropa (ECB) Mario Draghi memperingatkan faktor risiko global telah menjadi lebih dari ancaman dalam beberapa bulan terakhir, tak lama setelah pembuat kebijakan di bank memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi.

"Ketidakpastian yang berkaitan dengan meningkatnya proteksionisme, kerentanan di pasar negara berkembang, dan volatilitas pasar keuangan telah semakin terkenal akhir-akhir ini," kata Draghi pada konferensi pers pada hari Kamis.

ECB mempertahankan suku bunga stabil pada hari Kamis, dengan Draghi yakin ekonomi regional akan cukup kuat untuk menyerap kapasitas cadangan dan menghasilkan inflasi.

Dalam perubahan halus untuk panduan bank, ECB mengumumkan rencana untuk mengakhiri pembelian obligasi pada akhir tahun dan mempertahankan suku bunga pada tingkat rekor terendah setidaknya sampai musim panas mendatang.

Bank juga menegaskan akan mengurangi pembelian obligasi menjadi 15 miliar euro ($ 17,4 miliar) per bulan dari Oktober.

Dengan rebound inflasi dan percepatan pertumbuhan ekonomi pada laju yang relatif stabil, ECB telah secara bertahap menghapus stimulus melawan krisis selama berbulan-bulan. Penarikan kembali langkah-langkah tersebut datang meskipun ada risiko terhadap ekonomi Eropa, mulai dari proteksionisme global hingga gejolak pasar yang muncul.

Pada saat penulisan EURUSD berada pada level 1.1682.

(Ahmad)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search