Durasi Penutupan Pemerintah AS Bakal Berimbas Pada Ekonomi

Durasi Penutupan Pemerintah AS Bakal Berimbas Pada Ekonomi

Senin, 30 September 2013 20:28:11 WIB

Monexnews -

Rapat Senat akan dimulai hari ini untuk membahas usulan kongres tingkat DPR AS yang diisi mayoritas partai Republik kemarin yakni resolusi untuk memperpanjang pendanaan pemerintah dengan klausul 1 tahun penundaan tunjangan kesehatan Obama / Obamacare.

Bagaimanapun jika usulan undang-undang yang terbaru dari DPR tersebut ditolak oleh Senat maka dapat diekspektasikan tidak akan cukup waktu untuk menghasilkan resolusi yang baru dan mengembalikannya lagi ke Senat sebelum tenggat waktu tengah malam, sehingga potensial memicu penutupan kantor pemerintahan diluar militer.

Perkembangan ini menimbulkan ekspektasi diantara para pelaku pasar bahwa penutupan temporer mungkin akan terjadi karena Gedung Putih juga telah memberikan sinyal bahwa resolusi dari kongres tingkat DPR akan diveto oleh Obama, selain itu mayoritas Demokrat di Senat juga telah memberikan komentar secepatnya bahwa undang-undang yang disetujui oleh kongres kemarin sangat tidak diterima.

Skenarionya jika terjadi penutupan pemerintah, kemungkinan hanya berlangsung selama satu atau dua hari dan selanjutnya resolusi terbaru kemungkinan akan disepakati oleh Kongres di minggu ini. Bagaimanapun penutupan pemerintah tersebut dapat memicu penundaan rilis data non farm payrolls AS bulan ini.

Goldman Sachs mengestimasikan penutupan pemerintah selama 2 hari saja akan berdampak pada penurunan

GDP Q4 sebesar 0.1 persen poin, sementara jika terjadi penutupan selama seminggu maka data GDP Q4 terkena imbas 0.3 persen poin. Problem yang lebih penting selanjutnya adalah kenaikan kapasitas pinjaman AS / debt ceiling yang memiliki tenggat waktu 17 Oktober. Salah satu kecemasan utama atas penundaan rencana anggaran 2014 dan kegagalan menaikkan plafon utang adalah kemungkinan downgrade rating kredit AS.

(Sap)


(Sap)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search