ECB : Penghentian Stimulus Bergantung Data Ekonomi

ECB : Penghentian Stimulus Bergantung Data Ekonomi

Jum'at, 16 November 2018 18:29:21 WIB

Presiden European Central Bank (ECB) Mario Draghi, mengatakan penghentian stimulus dari ECB atau pembelian aset bersih akan bergantung pada data makroekonomi zona euro.

Dalam pidatonya di Kongres Perbankan Eropa Frankfurt, hari ini Jumat (16/11/2018), Draghi mengatakan pasar tenaga kerja sudah menunjukkan tanda-tanda pengetatan.

Sementara peningkatan dalam kompensasi per karyawan sudah semakin luas dan hadir di sebagian besar sektor dan ekonomi wilayah euro. Namun efek pertumbuhan upah ke harga konsumen tetap relatif belum besar.

Inflasi zona euro Oktober lalu sesuai ekspektasi 2,2 persen year on year dan lebih tinggi dari inflasi September 2,1 persen, Angka melebihi 2 persen sudah melampaui target ECB namun perlu kestabilan lebih lanjut di tengah perlambatan ekonomi global akibat perang dagang AS-China.

Dalam kesempatan itu Draghi menyinggung negaranya Italia yang teguh pada target defisit 2,4 persen dari GDP untuk anggaran tahun depan. Ia menyebutkan, negara-negara dengan utang tinggi seharusnya tidak menaikkan utang lebih lanjut.

"Semua negara harus menghormati aturan Uni Eropa,"tegasnya.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search