ECB Akan Naikkan Bunga Sebelum Ekonomi Eropa Merosot Lagi

ECB Akan Naikkan Bunga Sebelum Ekonomi Eropa Merosot Lagi

Kamis, 19 Juli 2018 16:27:03 WIB

Jajak pendapat yang melibatkan 69 ekonom yang dilakukan oleh Reuters, mengungkapkan mereka yakin bank sentral Eropa atau European Central Bank (ECB) akan menaikkan suku pada semester kedua 2019, sebelum terjadinya potensi kemerosotan ekonomi berikutnya.

Pertumbuhan zona euro melampaui rekan-rekan utamanya tahun lalu untuk pertama kalinya sejak krisis keuangan 2007-08. Tapi jajak pendapat terbaru dari lebih dari 100 ekonom, dilakukan 10-18 Juli, memberi kesan momentum pertumbuhan telah mencapai puncaknya.

Meningkatnya friksi perdagangan antara Amerika Serikat dan mitra-mitra dagangnya merupakan risiko nyata bagi zona euro yang bisa membuat kemerosotan ekonomi zona euro dan telah mendorong banyak ekonom untuk memangkas perkiraan pertumbuhan mereka.

Pertumbuhan produk domestik bruto diperkirakan rata-rata 2,1 persen tahun ini, 1,8 persen tahun depan, dan 1,6 persen tahun 2020, sedikit lebih rendah dari prediksi 2,2 persen, 1,9 persen, dan 1,7 persen bulan lalu. Namun, lebih dari 70 persen ekonom mengatakan mereka yakin ECB akan menaikkan suku bunga sebelum kecenderungan penurunan ekonomi berikutnya. Sebanyak 51 ekonom menyatakan keyakinan itu dan 18 ekonom mengatakan mereka tidak yakin.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search