ECB Diperkirakan Akan Ikuti Langkah the Fed

ECB Diperkirakan Akan Ikuti Langkah the Fed

Rabu, 02 Oktober 2013 09:35:26 WIB

Monexnews - Pertemuan European Central Bank pada Rabu diperkirakan akan menahan langkah kebijakan untuk saat ini namun tetap membuka opsi pemangkasan suku bunga atau pengaliran dana tambahan jika outlook zona euro memburuk. 23 anggota dewan yang bertemu di Paris akan membahas melambatnya inflasi menuju level rendah 3-1/2-tahun, lambatnya pemulihan zona euro, kisruh politik di Italia dan yield obligasi yang volatile akibat kebijakan Federal Reserve AS.

Presiden

ECB Mario Draghi pekan lalu menaikkan peluang langkah tambahan jika yield obligasi bergerak naik terlalu tinggi, mengatakan sistem perbankan dapat kembali disuplai dengan pinjaman jangka panjang jika dibutuhkan. Namun yield oblgiasi yang sempat bergerak naik pada musim panas lalu dalam prospek penarikan stimulus oleh Federal Reserve, telah kembali turun setelah bank sentral AS menahan diri untuk memulai proses itu sekarang, melegakan ECB untuk segera mengambil langkah. Meski demikian, Draghi menggarisbawahi kesiapan ECB untuk mengambil tindakan, dengan mengatakan bahwa jika dibutuhkan ECB dapat menggunakan LTRO tambahan, pinjaman jangka panjang yang diluncurkan pada akhir 2011 dan awal 2012 untuk mengalirkan lebih dari 1 trilyun euro (1.35 trilyun dollar) ke dalam sistem perbankan.

"Sebuah LTRO secara umum dianggap tidak dibutuhkan saat ini namun harus tetap menjadi opsi lain untuk mencegah kenaikan yield obligasi dan menjaga stabilitas sistem perbankan," ucap Sassan Ghahramani, CEO pada SGH Macro Advisors di AS. Menawarkan LTRO tenor 3 tahun pada bank dengan suku bunga yang fix dan dapat mengikuti jika ECB memangkas tingkat suku bunga akan efektif membuat ECB berpegang pada janjinya untuk mempertahankan suku bunga rendah," ucap Ghahramani.

(xiang)


(xiang)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search