ECB Mersch: Bank Sentral Nyaman Dengan Berbagai Macam Langkah

ECB Mersch: Bank Sentral Nyaman Dengan Berbagai Macam Langkah

Rabu, 28 Mei 2014 21:19:02 WIB

Monexnews - Seorang petinggi European Central Bank pada hari Rabu mengisyaratkan bahwa pembuat kebijakan telah siap untuk bertindak bulan depan guna mengatasi inflasi rendah yang mengancam perekonomian blok Euro.

"Dewan Gubernur telah merasa nyaman untuk bertindak, baik melalui langkah-langkah konvensional maupun tidak konvensional," kata anggota dewan eksekutif

ECB, Yves Mersch, dalam sebuah interview di Tokyo. "Perasaan nyaman tersebut dirasakan oleh ke-23 anggota dewan ECB, termasuk saya."

Mersch berada di Tokyo untuk menghadiri konferensi internasional yang diselenggarakan

Bank of Japan.

Pada awal bulan ini Presiden ECB Mario

Draghi juga telah memberikan sinyal kuat tentang langkah-langkah pelonggaran kebijakan tambahan. Dalam konferensi pers yang digelar pasca pertemuan kebijakan 8 Mei lalu, Draghi mengatakan bahwa "Dewan Gubernur merasa nyaman untuk bertindak pada pertemuan berikutnya." Pertemuan kebijakan ECB berikutnya akan dilaksanakan pada 5 Juni mendatang.

Sebagai informasi, tingkat inflasi tahunan zona Euro bertengger di 0,7% pada bulan April. Angka tersebut jauh di bawah target 2,0% yang ditetapkan ECB. Inflasi rendah yang berkepanjangan beresiko menekan ekonomi mengarah ke

deflasi, dimana periode penurunan harga secara terus-menerus akan mendorong konsumen untuk cenderung menunda pembelian barang dan jasa guna mendapatkan harga yang lebih rendah. Sebuah kondisi yang dapat menghambat pertumbuhan ekonomi dan pada gilirannya akan membuat perusahaan enggan melakukan investasi. (vid)


(vid)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search