ECB: Resiko Deflasi Telah Berkurang

ECB: Resiko Deflasi Telah Berkurang

Kamis, 12 Juni 2014 17:41:20 WIB

Monexnews - Zona Euro tidak sedang berada di ambang deflasi, meskipun inflasi terpantau mengalami penurunan, menurut bank sentral Eropa hari Kamis. "Kondisi saat ini tidak menunjukkan jika episode deflasi telah mendekat," kata European Central Bank dalam laporan bulanannya.

Sebelumnya para petinggi

ECB telah berulang kali menegaskan jika mereka belum melihat bukti penurunan harga konsumen yang berkelanjutan, atau dikenal sebagai deflasi. Namun pada pekan lalu ECB justru memangkas suku bunga dan meluncurkan program pinjaman perbankan senilai 400 milyar ($541 milyar), menyusul penurunan laju inflasi tahunan zona Euro ke level terendah dalam lebih dari 4-tahun. Inflasi tahunan blok Euro dilaporkan turun menjadi 0,5% pada bulan Mei, jauh di bawah target mendekati 2% yang ditetapkan bank sentral.

Rendahnya inflasi akan semakin mempersulit negara-negara Eropa Selatan yang rapuh untuk mengurangi hutang pemerintah dan rumah tangga, atau melakukan pemotongan biaya

tenaga kerja guna meningkatkan daya saing dengan Jerman dan negara-negara Euro yang sehat lainnya. Penurunan harga yang berkelanjutan akan mendorong konsumen menunda pembelian, sekaligus menghapus salah satu pilar penting dari pertumbuhan ekonomi.

Dalam kesempatan yang sama ECB juga menyajikan proyeksi inflasi terbaru, yang diperkirakan akan meningkat secara bertahap hingga menyentuh 1,5% pada kuartal terakhir tahun 2016. Pertumbuhan ekonomi diproyeksikan juga akan berakselerasi secara bertahap, dengan peningkatan daya saing mendukung

ekspor zona Euro. Sementara pada saat yang sama, tingkat pengangguran diprediksi akan bergerak menjauh dari level tertinggi dan membantu mendorong kenaikan harga. (vid)


(vid)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search