ECB Weidmann: Pinjaman Untuk Yunani Harus Tetap Dibekukan

ECB Weidmann: Pinjaman Untuk Yunani Harus Tetap Dibekukan

Kamis, 09 Juli 2015 14:53:45 WIB

Monexnews - Anggota Dewan Kebijakan European Central Bank Jens Weidmann pada hari Kamis mengatakan bahwa ECB seharusnya terus membekukan dana pinjaman darurat untuk Yunani dan tetap memberlakukan kendali modal hingga Yunani dapat mencapai kesepakatan dengan pihak kreditur internasional. Eurosystem seharusnya tidak menambah provisi likuiditas, dan kendali modal harus tetap diberlakukan hingga paket bantuan yang layak telah disepakati oleh kedua belah pihak dan kesanggupan pemerintah dan sistem perbankan Yunani sudah terjamin, menurut Weidmann, yang juga merupakan gubenrur Bundebank, bank sentral Jerman.

Komentar tersebut dirilis sehari setelah ECB kembali memutuskan untuk mempertahankan volumi bantuan pinjaman darurat yang tersedia untuk bank-bank di Yunani pada 89 milyar euro (99 milyar dollar), seiring Yunani mulai kehabisan waktu untuk mencapai kesepakatan dengan pihak kreditur internasionalnya terkait bailout ketiga. Keputusan tersebut diambil saat telekonderensi antar dewan kebijakan ECB dan terjadi dua hari setelah ECB menaikkan jumlah jaminan yang harus dimiliki bank-bank Yunani untuk mendapatkan pinjaman. Meski keputusan tersebut tidak memiliki dampak langsung, karena bank-bank masih memiliki jaminan yang cukup untuk utang-utangnya, langkah tersebut menambah tekanan pada pemerintah Yunani untuk mencapai kesepakatan. Akhir bulan lalu, Weidmann juga mengkritik ketergantungan bank-bank di Yunani terhadap emergency liquidity assistance (ELA) dari ECB.

(xiang)


(xiang)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search