Ekonom Memangkas Proyeksi Pertumbuhan GDP Zona Euro

Ekonom Memangkas Proyeksi Pertumbuhan GDP Zona Euro

Senin, 16 Juli 2018 15:54:36 WIB

Kuartal kedua tahun 2018 telah berakhir. Seiring berbagai kejadian dan kebijakan ekonomi mewarnai kuartal kedua, para ekonom menerka pertumbuhan ekonomi yang terjadi di zona euro, yang semua periode waktu bernada pesimistis.

Survei ekonom Bloomberg terbaru tentang prospek ekonomi Jerman mengungkapkan downgrade dalam perkiraan pertumbuhan ekonomi terbesar Zona Euro.

Prakiraan GDP kuartal kedua di +0,4% kuartalan (QoQ) setelah sebelumnya ekonom Bloomberg memperkirakan akan tumbuh +0,5%. Secara tahunan, prakiraan GDP kuartal kedua ada di angka +2,1% tahunan (sebelumnya +2,2%).

Untuk prakiraan GDP kuartal selanjutnya, yaitu kuartal ketiga diprediksi tumbuh +1,8% secara tahunan (sebelumnya +2,0%). Sedangkan prakiraan GDP kuartal keempat di +1,7% tahunan (sebelumnya +1,9%).

Dalam jangka waktu lebih panjang, kurun waktu setahun, ekonom mengubah prakiraan pertumbuhan GDP 2018 menjadi +2,0% dari sebelumnya +2,1%.

Perang perdagangan AS dan mitra dagangnya menjadi faktor pemangkasan proyeksi ini. Sebelumnya, Uni Eropa pada 12 Juli lalu juga memangkas proyeksi pertumbuhan untuk zona euro pada tahun 2018, memperingatkan bahwa meningkatnya ketegangan perdagangan dengan Amerika Serikat memukul ekonomi di blok perdagangan terbesar ini.

Komisi Eropa, badan eksekutif Uni Eropa, mengatakan pertumbuhan GDP hanya 2,1 persen pada 2018, lebih rendah dari perkiraan sebelumnya 2,3 persen, proyeksi yang dibuat pada awal Mei lalu.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search