Ekonom Prediksi ECB Tunda Kenaikan Bunga Hingga Tahun Depan

Ekonom Prediksi ECB Tunda Kenaikan Bunga Hingga Tahun Depan

Jum'at, 01 Maret 2019 11:13:15 WIB

Jajak pendapat Reuters terbaru dari para ekonom menunjukkan bahwa mayoritas mereka percaya European Central Bank (ECB) kemungkinan akan menunda kenaikan bunga hingga tahun depan dan di tahun ini akan mempertahankan suku bunga di rekor terendah.

Sebaliknya, mereka percaya ECB akan segera meluncurkan kembali penawaran pinjaman jangka panjangnya kepada bank-bank karena belakangan ini perekonomian Zona Euro kembali menyusut. Padahal ECB telah menarik program stimulusnya di akhir tahun lalu.

Tetapi lebih dari 60 persen ekonom mengatakan tidak akan ada perubahan pada pedoman suku bunga pada pertemuan kebijakan 7 Maret atau pengumuman resmi apapun tentang pinjaman jangka panjang.

Mayoritas dari ekonom yang disurvei - 32 dari 63 ekonom - memperkirakan deposit rate, saat ini di -0,4 persen, tidak akan naik hingga tahun depan. Dalam jajak pendapat yang diambil bulan lalu, mayoritas masih memperkirakan kenaikan pada akhir tahun ini.

"Saya pikir mereka (pembuat kebijakan ECB) telah melewatkan kesempatan untuk menormalkan kebijakan dalam siklus ini. Jika ada sesuatu, mereka lebih ditekan untuk memberikan akomodasi lebih dalam enam atau 12 bulan ke depan, "kata Andrew Kenningham, kepala ekonom Eropa di Capital Economics.

Baru saja dua bulan yang lalu, ECB menutup program stimulus 2,6 triliun euro, sebuah keputusan kebijakan yang berkaitan dengan perlambatan pertumbuhan ekonomi di beberapa negara maju di Eropa dan tidak ada tanda-tanda inflasi meningkat.

Lebih dari 90 persen responden di survei kini memperkirakan ECB akan membagikan pinjaman murah baru kepada bank-bank, dengan 84 persen dari mereka berpendapat pembagian tersebut terjadi sebelum Juli.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search