Ekonomi RI Berpeluang Tumbuh Lebih Baik Tahun Ini

Ekonomi RI Berpeluang Tumbuh Lebih Baik Tahun Ini

Kamis, 23 Januari 2014 16:25:47 WIB

Monexnews -MoF (Fiscal) News - Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) II Bambang P.S. Brodjonegoro memproyeksikan, pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini masih berpeluang mencapai 5,9 persen, bahkan hingga 6 persen pada tahun ini. Angka tersebut lebih baik dibanding pertumbuhan ekonomi Indonesia yang pada triwulan III-2013 tercatat sebesar 5,6 persen.

Hal tersebut mengacu pada semakin membaiknya kondisi perekonomian negara-negara maju yang sedang mendapatkan momentum pertumbuhan, yang pada gilirannya akan mendukung pertumbuhan yang kuat bagi negara-negara berkembang seperti Indonesia. "Kondisi ekonomi global diperkirakan akan tumbuh lebih baik dibanding dengan tahun lalu (2013)," jelas Wamenkeu II di sela acara seminar bertajuk "Economic Outlook 2014 dan Prospek Investasi Surat Utang Properti pada Senin (20/1) di Jakarta. Pihaknya juga optimistis, defisit transaksi berjalan akan mampu ditekan agar tidak setinggi tahun lalu melalui rangkaian kebijakan, seperti kebijakan ekspor impor. Sebelumnya, CEO CastleAsia, James Castle menyampaikan bahwa Indonesia telah menuai hasil yang baik dari kinerja selama 10 tahun terkahir ini. Saat ini Indonesia telah melalui proses demokrasi politik dan ekonomi dengan baik. Dan ini adalah hasil dari selama beberapa tahun terkahir. Oleh karenanya, Indonesia jangan sampai kehilangan momentum, dan harus mampu memanfaatkan kesempatan sehingga (ekonomi) dapat tumbuh lebih tinggi lagi," ucapnya. Ia memperkirakan, pada tahun 2014 gejolak global masih akan berlanjut. Namun, pihaknya optimistis Indonesia mampu melaluinya. "Melihat kinerja tahun 2013, saya rasa Indonesia bisa mengatasinya (tantangan gejolak global tahun 2014)," katanya. Ia juga menggarisbawahi pentingnya Indonesia untuk menyelesaikan isu terkait defisit transaksi berjalan, antara lain melalui kebijakan reformasi energi.(ak) (art) Sumber: www.kemenkeu.go.id


(art)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search