Ekspor China di juli Melonjak Melebihi Estimasi Pasar

Ekspor China di juli Melonjak Melebihi Estimasi Pasar

Rabu, 08 Agustus 2018 12:49:54 WIB

Ekspor China melonjak lebih dari yang diperkirakan pada bulan Juli meskipun produk ekspornya telah dikenakan tarif impor oleh Amerika Serikat (AS) dan surplus perdagangan dengan AS diawasi ketat oleh AS.

Nilai ekspor China naik 12.2% dibandingkan Juli 2017, lebih tinggi dari estimasi kenaikan 10.0% dan kenaikan eksposr Juni sebesar 11.2%. Sementara imports bulan Juli melonjak 27.3%, mengalahkan prediksi pasar 16.2% dan angka impor Juni yang tumbuh14.1%.

Surplus perdagangan China dengan AS bulan Juli hanya berkurang sedikit dibandingkan surplus Juni, rekor surplus tertinggi.

Surplus China dengan Amerika Serikat menyusut sedikit menjadi $ 28,09 miliar bulan lalu dari rekor $ 28,97 miliar pada Juni. Washington telah lama mengkritik surplus perdagangan China dengan Amerika Serikat dan telah menuntut Beijing memangkasnya.

Presiden Donald Trump terus menekan Beijing dengan rencana terbaru mengenakan tarif 25 persen pada barang-barang asal China senilai $ 16 miliar pada 23 Agustus mendatang. Kedua negara telah berbalas-balasan mengenakan tarif impor pada barang impor senilai $ 34 miliar dari kedua negara.

China telah berulang kali memperingatkan akan menyerang balik, dan bersiap-siap untuk menerapkan tarif pembalasannya sendiri. Pemerintah China mengatakan Amerika Serikat mengancam tatanan perdagangan bebas global dengan proteksionisme.

Angka-angka perdagangan China ini adalah yang pertama dirilis sejak bea masuk AS pada impor dari China senilai $ 34 miliar mulai berlaku pada 6 Juli.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search