Ekspor China ke AS Melonjak Selama Oktober Lalu

Ekspor China ke AS Melonjak Selama Oktober Lalu

Kamis, 08 November 2018 15:02:05 WIB

Ekspor China ke Amerika Serikat dan seluruh dunia tumbuh lebih dari yang diperkirakan pada bulan Oktober, data resmi menunjukkan Kamis. Para eksportir di China mengakali kebijakan tarif impor AS dengan mempercepat pengiriman ke seluruh wilayah Pasifik sebelum tarif yang lebih tinggi diterapkan.

Hubungan antara dua ekonomi teratas dunia telah memburuk tajam tahun ini karena Presiden AS Donald Trump menghantam sekitar setengah dari impor Cina dengan pajak yang lebih tinggi.

Para pejabat tinggi China saat ini berada di Washington mengadakan pembicaraan dengan kolega dari AS, dengan harapan bahwa pembicaraan itu dapat membuka jalan bagi terobosan pada hubungan perdagangan akhir bulan ini ketika Trump bertemu dengan Presiden China Xi Jinping pada KTT G20 di Argentina.

Pada bulan Oktober eksportir terus mempercepat pengiriman barang di seluruh Pasifik, dengan ekspor China ke AS melonjak 13,2 persen dari periode yang sama tahun lalu, menurut data yang dirilis oleh administrasi bea cukai China.

"Kinerja ekspor bulan Oktober yang luar biasa kuat tampaknya sebagian karena efek front-loading terus menerus dan tidak mungkin menjadi tren jangka panjang," kata Betty Wang, ekonom China di ANZ.

Surplus perdagangan China dengan AS turun menjadi $ 31,8 miliar pada Oktober, dari rekor $ 34,1 miliar pada September.

Oktober menandai bulan pertama penuh pengenaan tarif AS pada barang China senilai $ 200 miliar - tetapi tarif impor direncanakan ditambah dari 10 persen menjadi 25 persen Januari mendatang.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search