Ekspor China Meningkat di Tengah Meningkatnya Tensi Perang Dagang

Ekspor China Meningkat di Tengah Meningkatnya Tensi Perang Dagang

Senin, 10 Juni 2019 14:35:29 WIB

Ekspor China mengalahkan perkiraan suram untuk rebound pada Mei meskipun impor merosot lebih dari yang diperkirakan, data resmi menunjukkan Senin, karena kekhawatiran tentang dampak perang perdagangan yang sedang berlangsung dengan Amerika Serikat.

Pertengkaran antara dua ekonomi top dunia meningkat bulan lalu, dengan Presiden Donald Trump menaikkan tarif barang-barang China senilai $ 200 miliar.

Tetapi ekspor China ke dunia bangkit kembali untuk naik 1,1 persen bulan lalu setelah jatuh 2,7 persen pada April, menurut data bea cukai. Analis yang disurvei Bloomberg News memperkirakan penurunan 3,9 persen.

Namun untuk impor, bagaimanapun, anjlok 8,5 persen dibanding Mei tahun lalu setelah naik 4,0 persen pada April. Akibat menurunnya impor, surplus perdagangan naik menjadi $ 41,7 miliar di bulan Mei dibandingkan dengan $ 13,8 miliar di bulan sebelumnya. Surplus yang sensitif secara politik dengan Amerika Serikat adalah $ 26,9 miliar, naik dari $ 21 miliar pada bulan April.

Pembicaraan perdagangan antara Beijing dan Washington terhenti sementara kedua negara mengancam akan saling menjatuhkan sanksi.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search