Ekspor Jepang Merangkak Di Tengah Kesengsaraan Pertumbuhan Global Dan Ketegangan Perdagangan

Ekspor Jepang Merangkak Di Tengah Kesengsaraan Pertumbuhan Global Dan Ketegangan Perdagangan

Rabu, 19 Desember 2018 10:44:27 WIB
Pertumbuhan ekspor Jepang melambat pada November karena pengiriman ke Amerika Serikat dan China melemah tajam, dalam tanda melambatnya permintaan eksternal dan sengketa perdagangan Sino-AS dapat meninggalkan ekonomi terbesar ketiga di dunia yang kurang kuat selama tahun depan.

Kenaikan 0,1 persen tahun-ke-tahun dalam ekspor menunjukkan peningkatan tahunan 1,8 persen yang diperkirakan oleh para ekonom dalam jajak pendapat Reuters, dan jauh di bawah lompatan 8,2 persen pada Oktober. Secara volume, ekspor turun 1,9 persen pada tahun ini hingga November.

Data perdagangan menyoroti meningkatnya risiko eksternal untuk ekonomi yang dipicu ekspor Jepang, dan muncul saat Bank Jepang meninjau kebijakan pada pertemuan dua hari yang berakhir Kamis.

Dengan inflasi konsumen yang masih lemah, dan ketika momentum ekonomi global mendingin, BOJ secara luas diharapkan untuk mempertahankan kebijakan ultra-mudahnya saat ini.

Analis memperkirakan ekspor menjadi hambatan pada ekonomi selama beberapa kuartal mendatang karena permintaan eksternal surut. Pembuat kebijakan juga harus mempertimbangkan risiko dari China-AS.


(Ahmad)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search